Olahraga Hockey: Sebuah Perjuangan dalam Menguak Potensi

“Demi Hockey Indonesia, saya siap!”

Itulah kalimat pamungkas yang kerap kali terdengar keluar dari mulut Ibrahim atau Coach Ibrahim, begitu ia sering disapa oleh anak didiknya. Coach Ibrahim dikontrak oleh tim hockey Universitas Indonesia untuk menjadi pelatih hockey sejak awal tahun 2011 hingga pertengahan tahun 2011 lalu.

Coach Ibrahim memiliki visi yang baik akan tim yang ia bawa. Disiplin tinggi yang ia terapkan dapat meningkatkan kapasitas tim secara keseluruhan. Terbukti sejak ia memegang tim hockey UI, prestasi tim terutama tim putra langsung melonjak naik. Salah satu di antaranya adalah perolehan Juara Utama Liga Hockey Jakarta Divisi 1 Putera, sebuah kompetisi hockey lapangan bergengsi pada awal hingga pertengahan tahun 2011 lalu. Belum lagi sepak terjang tim hockey UI yang juga berhasil ia bawa menuju pencapaian prestasi yang cukup baik pada turnamen hockey lainnya.

Tidak hanya melatih pola permainan dan skill individu, beliau juga menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam permainan hockey serta meningkatkan mutu dan etika dalam berlatih serta bertanding para pemain. Pelatih yang baik juga motivator yang baik.

Cobaan dalam Perjuangan

Semakin tinggi sebuah pohon, maka semakin kencang pula angin yang terus mencoba untuk merubuhkan pohon tersebut. Sama halnya dengan manusia dalam menapaki perjalanan hidup. Coach Ibrahim sadar bahwa tidak semua pihak berada pada jalur dan pemikiran yang sama dengannya. Tidak semua pihak mendukung dan mengindahkan niat dan usaha tulusnya dalam memajukan dunia hockey di Indonesia. Konflik antarkelompok pun tak jarang terjadi. Keep you head held up high, begitu kiranya yang tersirat dari sosoknya yang tidak ambil pusing akan pihak-pihak yang mencoba untuk menjatuhkannya tersebut.

Ia dikenal sebagai pelatih yang berhasil membawa perubahan bagi tim-tim hockey yang diasuhnya. Perjuangannya dimulai ketika ia memiliki niat besar untuk memperbaiki kepelatihan hockey yang saat itu dinilai cukup memprihatinkan, yaitu pada awal tahun ‘90-an. Di saat usianya yang masih begitu muda saat itu—bahkan masih duduk di bangku perguruan tinggi—ia memulai karirnya menjadi pelatih tim hockey IKIP Medan setelah sebelumnya diangkat menjadi kapten tim.

Potensi Besar

Hockey sendiri merupakan salah satu cabang olahraga wajib yang dipertandingkan dalam olimpiade tingkat dunia. Olahraga ini menunjukkan perkembangannya yang pesat. Olahraga ini telah begitu mendunia, namun ternyata masih menjadi olahraga minor di Indonesia. Hal tersebut menurutnya disebabkan oleh sebuah hambatan klasik, yaitu masalah dana serta sarana dan prasarana yang ada. Sangat disayangkan karena pihak yang seharusnya memberikan dukungan kepada perkembangan olahraga ini belum menunjukkan dukungannya secara maksimal. Belum banyak pihak swasta yang terkait untuk mensponsori jenis olahraga ini. “Dalam permainan hockey dibutuhkan pengertian akan teori, ditambah dengan penyesuaian medan dengan melakukan latihan permainan (game). Selain itu, sesungguhnya nilai-nilai yang diajarkan oleh cabang olahraga ini sangat luar biasa,” katanya menyayangi.

Coach Ibrahim percaya bahwa sepak terjang olahraga hockey di pelataran olahraga Indonesia sudah mulai terlihat cikal bakalnya. Olahraga ini berkembang paling pesat melalui jalur pendidikan ekstrakurikuler, baik di sekolah maupun perguruan tinggi. Harapannya adalah olahraga hockey dapat berkembang di semua lini dan semua kelompok sosial, baik kelompok insinyur, dokter, maupun pelajar. Melalui jalur pendidikan, beliau optimis bahwa perkembangan olahraga ini tidak akan mati.

(Al Khansa Shalihah)

*tulisan dimuat dalam rubrik Tokoh pada Economica Papers 54

Advertisements

One response to “Olahraga Hockey: Sebuah Perjuangan dalam Menguak Potensi

  1. semkin tinggi pohoon semakin kencang angin yg menerpa
    tpi bersukurlh jdi pohon yg tinggi
    dri pd jadi rumput yg rendah selalu di pijak2orangg

    kta2 yg sederhana tpi bermkna kerasss
    slalu smngat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s