Seputar Hobi–Muay Thai

Selama dua tahun ini, olahraga Muay Thai, atau Thai Boxing populer di kalangan remaja maupun dewasa. Mengapa begitu menarik? Bagi kalangan orang dewasa, khususnya wanita, Muay Thai tak hanya olahraga biasa, namun juga merupakan sarana untuk melindungi diri sendiri. “Muay Thai itu campuran beladiri, juga fitness,” ucap salah seorang teman kuliah yang juga menekuni hobi ini. Sedangkan bagi kalangan pria, selain untuk olahraga, Muay Thai juga dijadikan sarana untuk membentuk tubuh, serta memperbaiki postur badan yang buruk. Berdasarkan pengamatan tersebut, dapat dikatakan Muay Thai adalah olahraga multifungsi, yang digunakan untuk fitness, membentuk tubuh, beladiri, dan lainnya.

Muay Thai sebaiknya dilakukan dua kali seminggu. Peralatan untuk Muay Thai bisa dikatakan cukup banyak, mulai dari hand wrap untuk membalut tangan, gloves–sarung tinju, celana tinju, pelindung perut, head gear, dan banyak peralatan lainnya yang kebanyakan juga merupakan peralatan yang digunakan seorang petinju. Namun, berbeda dengan tinju, Muay Thai menggunakan seluruh tubuh, dari tangan, siku, kaki, lutut, hingga pinggang yang digunakan sebagai motor untuk menggerakkan seluruh tubuh dan menjangkau objek (lawan) lebih jauh. Tinju hanya menggunakan tangan untuk menyerang dan berlindung.

Di Indonesia, khususnya di Jakarta, sudah banyak tempat latihan Muay Thai yang biasa disebut camp, mulai dari Menteng, Panglima Polim, Kemang, Cilandak, Bintaro, dan banyak tempat lainnya. Sebagai saran untuk pemula yang pertama kali berlatih, berlatihlah dengan instruktur, dan sebelum latihan, makanlah makanan yang cukup (nasi dan lauk pauk) setidaknya satu jam sebelum latihan. Seusai latihan pertama, badan biasanya terasa pegal. Namun jangan khawatir, jika kita tekun berlatih maka lambat laun tubuh pun akan terbiasa. Jadi, tunggu apa lagi? Ajak sahabatmu untuk berlatih karena Muay Thai adalah olahraga yang sangat cocok dilakukan bersama sahabat.

(Himmahwati Zahara Gani)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s