Pentingnya menumbuhkan Jiwa Social Enterpreneurship

A good business should be benefit oriented, not profit oriented. Kalimat ini selalu terngiang di kepala saya. Kalimat ini pertama kali saya dengar dari dosen koperasi di kampus saya ketika ia sedang memberikan kuliah. Lalu setelah membaca dan terus membaca lebih lanjut tentang bisnis yang berlandaskan benefit oriented, bertemulah saya dengan sebuah konsep kewirausahaan yang menurut saya sangat cemerlang. Sebuah konsep yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Di era Globalisasi dimana kapitalisme merajalela, yang kaya semakin kuat dan yang miskin semakin melarat. Ketergantungan negara berkembang akan negara maju pun semakin tinggi. Dibutuhkan sebuah alternatif untuk memberdayakan masyarakat miskin di negara berkembang. Salah satu alternatif ini berupa Social Enterpreneurship.

Social enterpreneurship adalah adalah seseorang yang mengerti permasalahan sosial dan menggunakan kemampuan entrepreneurship untuk melakukan perubahan sosial (social change), terutama meliputi bidang kesejahteraan (welfare), pendidikan dan kesehatan (healthcare) (Santosa, 2007). Mengerti permasalahan sosial, berarti seseorang peka dan tanggap terhadap perubahan dan permasalahan sosial yang terjadi di lingkungannya. Social Enterpreneur mempunyai kapabilitas yang  memadai dan memiliki kemampuan wirausaha yang baik untuk kemudian melakukan social change dan mencari jalan keluar dari social problem di sekitarnya.

Social Enterpreneur pada dasarnya murni merupakan sebuah usaha yang bergerak pada bidang sosial kemasyarakatan. Pada awalnya, inti dari Social Entrepreneurship adalah pemberdayaan dalam bidang kemasyarakatan yang lebih bersifat sukarela. Dalam hal ini yaitu membentuk lembaga sosial seperti panti asuhan, ataupun beasiswa pendidikan. Konsep awal mula Social Entrepreneurship tidak terlalu menekankan pada usaha untuk menghasilkan profit. Kalaupun kelak memperoleh profit, hini bukanlah hal yang tabu. Anggaplah profit itu berupa bonus dari kegiatan sosial yang dilakukan, tetapi bukan menjadi tujuan utama dan nilainya bisa dibilang relatif tidak terlalu besar. Karena sesungguhnya inti utama dari Social Enterpreneurship dalah pemberdayaan untuk kesejahteraan untuk bersama. Social Entrepreneurship akhir-akhir ini menjadi semakin populer setelah salah satu tokohnya Dr. Muhammad Yunus, pendiri Grameen Bank di negara Bangladesh mendapatkan hadiah Nobel Peace Price 2006 .Grameen bank adalah Bank yang memberikan pinjaman mikro dengan kredit yang kecil untuk kaum ibu di Bangladesh. Yunus beranggapan bahwa dengan melakukan pemberdayaan masyarakat yang miskin finansial, tidak hanya berimbas dalam menghasilkan kesejahteraan sosial, tetapijuga mendatangkan keuntungan secara finansial. Hal ini terbukti banyaknya tenaga kerja yang terserap dari usaha peminjaman uang atau kredit uang dengan bunga murah.

Mengapa menumbuhkan jiwa social enterpreneurship begitu penting dalam kalangan anak muda sekarang? Anak muda, terutama pelajar dan mahasiswa adalah agen perubahan. Masa depan yang cerah ataupun suram sepenuhnya berada di tangan mereka. Jika ditinjau pada cakupan bidang sosial yang menjadi perhatian utama dari social enterpreneurship, yaitu bidang kesejahteraan, pendidikan dan kesehatan, ketiganya merupakan hal yang essensial dalam pembangunan suatu negara. Dengan adanya pemerataan kesejahteraan dalam masyarakat, tidak akan ada lagi rakyat yang tingkat kemiskinannya di bawah garis kewajaran, sehingga pendidikan yang merupakan kunci dari kemajuan suatu negara kelak dapat dinikmati oleh semua kalangan. Faktor kesehatan juga penting, karena jika rakyat mempunyai tingkat kesehatan yang baik, roda perekonomian dan pembangunan pun dapat berputar dengan lancar, tanpa tersendat. Amin

 

Faritz
Anggota Divisi Penerbitan BOE


 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s