Koordinasi Elemen Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Pendidikan adalah suatu upaya dalam meningkatkan potensi dalam diri seseorang melalui metode pembelajaran tertentu. Melalui pengertian diatas, kita dapat mengacu pada pengembangan potensi diri sebagai indikator dari kualitas pendidikan. Potensi diri yang dimaksud mencakup potensi diri dalam bidang akademik dan non akademik. Pendidikan yang berkualitas harus mampu menuntun para peserta didik dalam menemukan bakatnya dan mampu menyediakan wadah dalam mengembangkannya melalui proses latihan. Selain itu, pendidikan dapat disebut berkualitas apabila mampu menjawab kebutuhan zaman dan implementasi dari ilmu dapat dilihat dalam dunia nyata. Kualitas pendidikan tidak hanya ditentukan oleh konten dari pendidikan tersebut. Tetapi kita harus mampu melihat cara pengaksesan  pendidikan tersebut.

            Elemen pendidikan yang dimaksud yakni Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, para pendidik (guru, dosen, dan sebaginya), dan peserta didik. Setiap elemen memiliki peran  dalam mewujudkan pendidikan yang ideal di Indonesia. Setiap elemen saling berhubungan. Keputusan pada satu elemen  mempengaruhi elemen lain dalam membuat keputusan. Oleh karena itu, kita simpulkan bahwa setiap elemen harus saling mengerti kemampuan dan kebutuhan masing-masing sembari menyesuaikan dengan kebutuhan lingkungan global.

            Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki peran yang penting dalam menetapkan sistem dan regulasi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Apabila diperhatikan, negara Indonesia memakai sistem pendidikan dari negara lain yang sudah terbukti keefektifan sistem pendidikannya. Namun, kita harus lebih menelaah lebih dalam mengenai kecocokan dan kesiapan seluruh infrastruktur sekolah secara menyeluruh di pelosok Indonesia. Hal ini harus diantisipasi agar tidak ada ketimpangan pendidikan di berbagai belahan Indonesia. Pemerintah juga harus melakukan peninjauan ke lapangan. Selain untuk melakukan upaya preventif, kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan evaluasi demi peningkatan kualitas pendidikan. Hal yang cukup penting juga yakni pemerintah harus mampu menyejahterakan para pendidik dan membantu para pendidik dalam mengakses pendidikan.

Selain pemerintah, faktor para pendidik menjadi krusial bagi pendidikan Indonesia. Hal yang perlu diketahui yakni para pendidik harus senantiasa dididik menjadi lebih berkualitas dan dilatih dalam menjaga profesionalitas. Melalui sistem pendidikan yang cukup modern (penggunaan teknologi) dari pemerintah, para pendidik harus mampu mengkondisikan dirinya dalam sistem itu dan berperan aktif secara maksimal. Para pendidik yang berkualitas tidak hanya dinilai dari kualitas hasil didikannya. Tetapi, kita harus melihat lebih kepada kemampuan para pendidik dalam menanamkan pola belajar yang efektif. Kedisiplinan juga harus diterapkan baik dalam waktu maupun cara mengajar.   

            Kunci dari kesuksesan kualitas pendidikan terletak pada para peserta didik. Indikator kesuksesan dilihat dari kualitas hasil didikan. Oleh karena itu, para pendidik diharapkan mampu mengikuti metode yang diterapkan pemerintah. Melalui manajemen waktu yang baik dari setiap peserta didik, pendidikan dapat dipicu menjadi lebih efektif. Selain itu, para peserta didik diharapkan berpatisipasi dalam kegiatan luar akademik. Hal ini penting demi menyelaraskan dunia akademik dan non akademik sehingga tercipta keseimbangan dalam diri peserta didik. Kemampuan dalam menganalisis baik atau buruk sesuatu hal kepada diri sangat diperlukan demi menjaga peserta didik dari pengaruh buruk globalisasi.

            Melalui kerjasama ketiga komponen tersebut, diharapkan kemunculan sebuah model pendidikan yang ideal sepenuhnya bagi Indonesia. Namun, dalam pelaksanaannya kita kembali lagi kepada kesiapan masing-masing elemen dalam menyadari dan melakukan perannya secara maksimal. Ketidaksesuaian satu elemen akan membuat akibat beruntun bagi kesuksesan dunia pendidikan.

             

(Insani Arif Situmorang)             

           

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s